Konsumsi Garam Berlebih Ini Akibatnya!

Konsumsi Garam Berlebih Ini Akibatnya!

Garam merupakan nama yang umum bagi natrium klorida (atau NaCl), garam sendiri terdiri terdiri dari 40 persen natrium dan 60 persen klorida. Maka dari itu, 2,5 gramĀ mengandung 1 gram natrium dan 1,5 gram klorida.

Garam merupakan bahan masakan yang penting dan paling sering dikonsumsi oleh masyarakat. Namun, dengan cara itu maka harus dibatasi karena risikonya yang cukup tinggi.

Berikut merupakan contoh beberapa resiko yang ditimbulkan jika terlalu sering mengonsumsi garam :

  1. Kembung Para Perut : Kembung merupakan salah satu dampak adanya gejala dari kelebihan konsumsi garam. Hal ini bisa dikarenakan garam yang berlebih dapat membantu tubuh menahan air, hal ini akan berdampak pada cairan yang akan menumpuk.
  2. Tekanan Darah Yang Tinggi : Tekanan darah tinggi atau biasa disebut dengan hipertensi juga diakibatkan karena terlalu banyak mengkonsumsi garam. Garam yang berlebih dapat membuat tubuh sulit untuk membuang cairan berlebih, dan parahnya juga dapat memberi tekanan pada ginjal.
  3. Bagian Tubuh Akan Bengkak : Jika berlebihan dalam mengkonsumsi garam maka bagian tubuh yang akan dapat membengkak di antaranya adalah wajah, tangan, kaki, dan pergelangan kaki.
  4. Terus Merasa Haus : Jika anda terus merasa haus, itu disebabkan oleh garam yang berlebih dimana hal tersebut dapat menarik air dari beberapa sel tubuh lalu bisa mengakibatkan dehidrasi. Guna meringankan gejala ini, sebaiknya tetap konsumsi banyak air untuk menetralkan garam.
  5. Kenaikan Pada Berat Badan : Kenaikan berat badan yang begitu cepat bisa menjadi salah satu tanda kelebihan dalam mengkonsumsi garam. Apabila mengalaminya secara tidak wajar, coba lebih perhatikan makanan-makanan yang dikonsumsi, bisa jadi karena tinggi kandungan garam.



Leave a Reply

Your email address will not be published.