Kopi Santen Kuliner Khas Blora yang Melegenda

Kopi Santen Kuliner Khas Blora yang Melegenda

Jika berbicara tentang Blora, tidak lengkap rasanya apabila tidak menyinggung soal kuliner yang dimiliki oleh daerah tersebut. Memang selama ini, kuliner Blora yang hanya dikenal masyarakat antara lain adalah lontong opor Ngloram, nasi pencel daun jati, maupun sate. Namun, masih ada kuliner khas Blora yang berupa minuman, yakni kopi santen.

Bahkan, kuliner ini beberapa kali disajikan untuk jamuan wajib Pemkab Blora bagi para tamu-tamunya. Ketika ingin mencicipi kopi santen, para pengunjung dapat mendatangi warungnya yang terletak di Desa Jepangrejo, Kecamatan Blora. Dapatkan sensasi nya lewat permainan slot yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.

Dapat dibilang, kopi santen Mbah Sakijah, yang berada di desa tersebut cukup melegenda bagi para pencinta kopi. Keberadaan dari warung kopi santan itu sudah muncul sejak tahun 1980-an. Pemilik dari kopi santan sendiri yang bernama Mbah Sakijah, Rokhim yang menyampaikan bahwa awal berdirinya usaha kuliner tersebut sampai dikenal oleh masyarakat luas.

Mengutip Kompas, Rockhim yang menuturkan bahwa, “Asal usul kopi santan ini merupakan awal mulanya dari Mbah Sakijah yang sudah menemukan sekitar tahun ‘80an, Mbah Sakijah itu dulu masak sayur pakai santan, nah untuk santannya itu lebih, kebetulan Mbah Sakijah yang saat itu kan jualan kopi kothok terus dia mencoba untuk mencampur dengan santen lalu dicoba disajikan kepada suami yang ternyata rasanya enak dan nikmat, terus dikasih ke tetangga, terus tanggapan dari tetangga juga bagus akhirnya dijual sampai sekarang ini”.

Rokhim adalah generasi ketiga yang menuturkan bahwa, sedari awal kopi santen buka warung tersebut sampai sekarang memang selalu ramai dikunjungi oleh para penikmatnya. Yang dimulai dari warga sekitar hingga masyarakat luar daerah Blora.

Tetapi, seiring berjalannya waktu, hampir selalu ada beberapa inovasi yang dapat dilakukan agar pelanggannya tidak dapat jenuh dengan warung tersebut. “Kalau ramainya sudah lama mulai dari dulu, tapi sekarang tempat diperbarui lagi sehingga untuk kapasitasnya jadi lebih banyak, dan lebih kelihatan tambah ramai,” ujar nya.

Kopi Santan Nikmatnya Bikin Ketagihan

Tatkala itu, warung tersebut juga dapat menyediakan minuman-minuman kekinian yang sedang digandrungi oleh banyak anak muda. Menurut pendapatnya, kopi santen yang dimiliki oleh warung tersebut mempunyai ciri khas yang tersendiri dari kebanyakan warung kopi lainnya. Bahan untuk pembuatan kopi santen tersebut terbuat dari kopi arabika maupun kopi robusta yang dicampur dengan air santan kelapa.

“Aroma kopinya yang beda karena sudah dicampur dengan santan, dan kopinya yang ini kan kopi murni. Paling ya rasanya gurih, tapi beda dari kopi-kopi lainnya,” tambahnya.

Untuk sehari, warung kopi santen tersebut mampu menghabiskan sebanyak 10 kilogram kopi yang disajikan menjadi minuman kopi untuk disajikan di gelas-gelas. Dalam segelas kopi santen dapat dikenakan biaya seharga 5.000 rupiah. Dapatkan sensasi nya lewat permainan slot yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.



Leave a Reply

Your email address will not be published.