Lotek Ci Apang, Kenikmatan Kuliner Legendaris Karawang

Lotek Ci Apang, Kenikmatan Kuliner Legendaris Karawang

Bagi warga khususnya Jawa Barat, lotek merupakan makanan khas tradisional yang namanya sudah dikenal sejak jaman dahulu. Di Karawang sendiri ada lotek yang sudah lahir sebelum adanya kemerdekaan, salah satu peraciknya yakni Ci Apang yang sampai sekarang masih bertahan dalam menjaga warisan kuliner ini. Dari kuliner yang sedap, kita dapat menikmatinya dengan senang. Begitu juga dengan bermain slot. Lewat permainan slot yang seru, kamu dapat mencari kesenangan dari hal itu. Beragam kemenangan juga akan capai keberuntunganmu!.

Cici Erni (55) yang merupakan dari generasi ke-2 lotek Ci Apang ini menceritakan tentang perjalanannya dalam menjaga warisan kuliner yang melansir detikjabar. Ia yang kala itu dibantu oleh anaknya Shindi (28) menyampaikan bahwa lotek bukan sekedar kuliner melainkan adanya amanat dari neneknya yang wajib dijaga. “Kenapa saya lebih memilih menjadi tukang lotek, karena memang ini merupakan warisan dari nenek yang dimana banyak memberikan keberkahan bagi keluarga,” ungkap Erni di warung lotek Ci Apang tepatnya di Jalan Babakan Cianjur No. 1 Kelurahan Nagasari, Karawang Barat, Karawang-Jawa Barat, pada Rabu 16 Maret 2022.

Lotek Ci Apang Karawang

Menurut Erni, Ci Apang yang lahir diperkirakan sebelum adanya kemerdekaan. “Kalau tidak salah ya itu sudah ada sebelum tahun 1945, karena mamah dari Ci Apang meninggal saat itu pada umur 89 tahun tahun kemarin dan juga sempat cerita dulu nenek yang berjualan lotek di jalanan,” ujarnya.

Nama Ci Apang itu adalah panggilan bagi pelanggan loteknya, karena Ci Apang sendiri yang sudah didirikan oleh Souw Pang Nio. “Jadi Ci Apang itu sebutan atau panggilan si Mamah Souw Pang Nio, jadi pelanggan yang malah suka nyebutnya lotek Ci Apang yang akhirnya mulai dikenal deh di Karawang,” imbuhnya.

Erni yang kala itu juga menjelaskan terkait apa yang membedakan lotek Ci Apang dengan lotek dagangan lainnya merupakan di bumbunya. “Jadi ada racikan si Mamah itu yang benar-benar enggak sayang sama bumbu, dari mulai bumbu kacangnya yang sangat kental sampe juga segar, kalau untuk sayurnya sebenarnya sama saja si itu ada nangka, wortel sampe yang lain-lain,” tuturnya.

Bahkan ketika ada salah satu pelanggan setianya kala itu diwawancarai di warung lotek Ci Apang dimana ia mengatakan sudah sering dalam merasakan lotek Ci Apang kurang lebih selama 12 tahun. “Jadi dari harga awal 400 perak hingga sekarang jadi 16 ribu saya tetap setia untuk menikmati lotek Ci Apang, kurang lebih udah 12 tahun lah, pokoknya ini gak ada duanya,” sahut Rini (54) salah satu dari pelanggan warung lotek Ci Apang.

Bukan hanya dengan masyarakat biasa, Erni juga sempat mengungkapan bahwa presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang sempat pernah untuk merasakan lotek dari Ci Apang ini. “Jadi ada artis, pak SBY juga, terus ada pejabat itu sudah pernah juga buat datang ke sini,” ujar Erni yang sedang mengolah bumbu lotek.

Lotek Ci Apang Karawang

Melansir detikjabar, ternyata terkait dengan lotek Ci Apang ini begitu kaya dengan bumbu kacangnya, sehingga sampai menutup sayurannya. Untuk seporsi lotek Ci Apang ini dapat dihargai sekitar 16 ribu dan dapat ditambah, baik itu untuk lontong yang seharga Rp 5 ribu. Ci Apang yang dimana juga menyediakan menu rujak hingga karedok dengan harga layaknya seperti harga lotek.

Kini lotek Ci Apang sudah mempunyai dua cabang, yang berhasil digawangi oleh kedua anaknya, yaitu Cici Erni (55) hingga Cici Linda (65). Terkait dengan cabang keduanya itu yang berlokasi di samping Bank Mandiri Karawang.”Jadi buat kakak saya Linda itu buka juga yang di deket Bank Mandiri itu, jadi untul sekarang itu ada dua tapi kalau untuk cabang pertamanya ya tetap di sini, meski dulu itu pernah si mamah jualannya enggak punya warung, jadi ya terpaksa melapak di jalan aja,” ucapnya.

Erni yang kini sedang sibuk dalam mengelola lotek Ci Apang juga berharap lotek yang sudah diwarisi mamahnya dapat lebih dikenal oleh generasi hingga dapat dibuat layaknya kegiatan festival kuliner lotek terutama untuk khas Karawang. Dari kuliner yang sedap, kita dapat menikmatinya dengan senang. Begitu juga dengan bermain slot. Lewat permainan slot yang seru, kamu dapat mencari kesenangan dari hal itu. Beragam kemenangan juga akan capai keberuntunganmu!.

“Jadi berharap dapat bisa lebih dikenal oleh generasi sampe bisa terjaga warisannya, dengan itu dapat dibantu oleh pemerintah dalam memperkenalkan lotek ini atau dengan cara dibuatkan acara kuliner lotek yang khas Karawang,” tambahnya. Erni (55) yang merupakan bagian dari generasi kedua lotek Ci Apang yang kini masih menjaga terkait warisannya. Shindi anak dari Erni sendiri yang dari generasi kedua lotek Ci Apang sedang memperlihatkan lotek warisan khas keluarganya.



Leave a Reply

Your email address will not be published.