Menurut Pakar, Ini Buah-buahan Bebas Pestisida !

Menurut Pakar, Ini Buah-buahan Bebas Pestisida !

Dalam makanan penggunaan pestisida yang berlebihan dapat merugikan kesehatan maupun lingkungan. Para pakar mengungkapkan bahwa ada beberapa makanan yang paling minim atas paparan pestisida.

Pestisida sering diberikan pada buah dan sayur yang bertujuan untuk menjaga keawetan dan terhindar dapat terhindar dari serangan hama pada saat proses penanaman. Tetapi, pada penggunaan pestisida ini apabila berlebihan dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan maupun lingkungan.

Dampak bagi kesehatan sendiri dapat kita lihat saat mengkonsumsi residu pestisida yang menempel pada buah dan sayur dapat memicu gangguan reproduksi, penyakit parkinson, dan kanker. Banyak penelitian yang mengungkapkan hal tersebut, dan sudah valid terkait data tersebut.

Berikut jabaran dari beberapa makanan yang bebas pertisida menurut The Environmental Working Group (EWG) :

Alpukat :

Yuk Cek Kisaran Harga Bibit Alpukat 2021 Berdasarkan Jenis Disini -  Aplikasi Pertanian & Media Agribisnis | GDM Agri

Alpukat sendiri terdaftar pada peringkat teratas dalam hal bebas pestisida. Hal ini terbukti karena kulit yang dimiliki alpukat sangat tebal sehingga minim rasanya untuk pestisida maupun hama lainnya masuk kedalam buahnya.

Jagung :

5 Manfaat Jagung bagi Kesehatan, Kurangi Risiko Penyakit Jantung hingga  Jaga Sistem Kekebalan Tubuh - Pikiran-Rakyat.com

Jagung memiliki kulit yang begitu tebal, sehingga sulit bagi orang untuk membuka nya. Hal tersebut yang membuat pestisida sulit untuk masuk dan berkembang didalam buahnya.

Nanas :

Makan Nanas Bikin Mulut "Lecet", Apa yang Harus Dilakukan? Halaman all -  Kompas.com

Jangan khawatir ketika anda ingin mengkonsumsi buah ini, nanas memiliki kulit yang begitu tebal sehingga ia dapat melindungi daging buah tersebut dari paparan pestisida.

Bawang Bombay :

Tak Hanya Menambah Cita Rasa Masakan, ini 9 Manfaat Bawang Bombai untuk  Kecantikan - Ragam Bola.com

Tidak selamanya buah yang memiliki kulit yang tebal dapat melindungi diri dari paparan pestisia, contohnya bawang bombay. Bawang bombay jika dilihat ia mempunyai kulit yang bisa terbilang tipis. Namun, bawang bombay merupakan bahan makanan yang paling sedikit residu pestisidanya.

Pepaya :

18 Reasons We Love Papaya: Papaya Health Benefits

Pepaya merupakan buah yang terkenal di Indonesia yang memiliki tingkat ketebalan pada kulitnya yang bisa melindungi dari paparan pestisida.



Leave a Reply

Your email address will not be published.