Usulan Jamu sebagai Warisan Budaya Takbenda UNESCO Masuk Babak Baru

Usulan Jamu sebagai Warisan Budaya Takbenda UNESCO Masuk Babak Baru

Jamu sebagai nominasi dari Warisan Budaya Takbenda oleh UNESCO pada Tahun 2022 sudah memasuki pada babak baru. Gabungan Pengusaha atau disebut dengan GP Jamu resmi untuk menyerahkan dokumen dari Intangible Cultural Heritage atau disingkat ICH 02 kepada Kemendikbud pada Senin 14 Maret 2022 lalu pukul 10.00 WIB.

Ketua Umum dari GP Jamu yakni Dwi Ranny Pertiwi Zarman yang kala itu sempat menyampaikan bahwa jamu merupakan karunia yang sudah Tuhan berikan kepada bangsa Indonesia. Nenek moyang kita sendiri percaya Tuhan yang telah menciptakan kekayaan hayati agar dapat menjaga kesehatan dan kebugaran. Dari kuliner yang sedap, kita dapat menikmatinya dengan senang. Begitu juga dengan bermain slot. Lewat permainan slot yang seru, kamu dapat mencari kesenangan dari hal itu. Beragam kemenangan juga akan capai keberuntunganmu!

3 Beda Produk Herbal dan Jamu, dari Arti hingga Fungsi Halaman all -  Kompas.com

“Banyak sekali dari data artefaktual yang dapat dijadikan barang bukti tradisi dalam meracik dan mengonsumsi jamu telah berkembang dari sejak ratusan tahun lalu. Ini yang terbukti dari relief pada Candi Borobudur dimana ada gambar cara mengolah jamu bagi kesehatan,” ucap Ranny di konferensi pers “Penyerahan Dokumen ICH 02 untuk kategori Nominasi Budaya Sehat Jamu sebagai Calon Warisan Tak Benda Dunia oleh UNESCO, berlokasi di Graha Mustika Ratu, Jakarta Selatan, pada Senin 14 Maret 2022.

Ranny yang kala itu melanjutkan, Budaya Sehat Jamu sudah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda miliki Indonesia yang dimana menjadi salah satu syarat agar dapat mendaftar ke UNESCO. Pemerintah juga mempersilakan terhadap pihaknya yang ingin mendaftarkan diri sebagai nominasi dari Warisan Tak Benda Dunia UNESCO tersebut.

Jamu resmi masuk nominasi warisan budaya tak benda UNESCO

“Untuk hal itu, GP Jamu ini adalah support niat yang mulia dari adanya seluruh komunitas-komunitas jamu untuk dapat mendaftarkan ke UNESCO. Kami yang sudah memperkirakan sedikitnya lebih dari 5 ribu perajin dari jamu, terutama dalam bentuk jamu gendong maupun dengan jamu racik, serta adanya ribuan pelaku tersebut dari 80 persen didominasi oleh UMKM,” ujarnya.

Ranny juga menyampaikan bahwa, “Dengan adanya penerapan ini, semoga dapat bisa membuat pelaku Budaya Sehat Jamu akan lebih bersemangat lagi terutama dalam melestarikan Budaya Sehat Jamu.”.

Kusuma Ida Anjani dimana selaku Wakil Sekretaris Jendral 4 GP Jamu sekaligus dengan Tim Kerja Nominasi Budaya Sehat Jamu yang juga menyebut menurut data Riset Kesehatan Dasar 2010 yang mengungkapkan lebih dari 59 persen masyarakat di Indonesia yang suka dalam mengonsumsi jamu. Hal tersebut dibuktikan lewat adanya jamu yang sudah digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di berbagai bidang, layaknya seperti pariwisata, kebugaran, kecantikan, maupun kesehatan.

“Indonesia itu luar biasa sekali keragaman hayati sosial maupun dengan budayanya, akhirnya dapat menghasilkan jamu yang dimana memang warisan dari leluhur yang turun temurun, efikasinya pun juga sudah terbukti di kehidupan masyarakat,” imbuh dari wanita yang akrab disapa dengan Ajeng. Dari kuliner yang sedap, kita dapat menikmatinya dengan senang. Begitu juga dengan bermain slot. Lewat permainan slot yang seru, kamu dapat mencari kesenangan dari hal itu. Beragam kemenangan juga akan capai keberuntunganmu!



Leave a Reply

Your email address will not be published.